Menengok Kedai Kopi Luwak di Kampung Luwak Garut

post-img

Kedai Kopi Luwak di Kampung Luwak Garut, foto dok

Infophrigarut ,- Berada tepat dipinggir Jalan Raya Garut-Tasikmalaya di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, tempat ngopi yang satu ini memang berikan sentuhan yang berbeda dari sejumlah kedai kopi yang kini mulai trend di Kota Garut.

Konsep Kedai yang ditata lebih dekat dengan nuansa perkampungan karena memang berada disebuah Kampung yang berjarak sekitar 15 KM dari pusat Kota Garut berada di Kecamatan Perbatasan Garut dengan Kabupate Tasikmalaya.

Adalah kedai Kopi Luwak Garut yang dikelola secara sederhana namun membuat betah dan kerasan berlama-lama berada dikedai tersebut.

Beberapa Gazebo terbuat dari bambu yang kokoh disertai meja dan kursi yang juga terbuat dari bilah kayu yang telah diberikan sentuhan pernish sehingga tampak mengkilat dan alami.

Menu yang disuguhkan pun bukan menu yang yang biasa dijumpai diperkotaan, justru menu kampung buar para warga kota yang merindukan nuansa pedesaan yang disediakan di Kedai ini. Seperti goreng pisan, goreng singkong, goreng ulen (uli) dan sejumlah makanan kampung yang membangkitkan selera ngopi terutama bagi para pecinta kopi.

Andri Hermawan (34) salah seorang penggiat Kopi Luwak Garut mengatakan dirinya memilih konsep kedai Kopi semacam itu karena ingin melambungkan Kopi Garut dengan sentuhan Luwak dimana hasilnya menjadi Kopi luwak bercitarasa tinggi dan unggul dalam rasa dan khasiat kopi.

“saya memang sedang mencari formula yang pas untuk bagaimana kopi Garut ini khususnya yang melalui pengolahan dengan bantuan binatang luwak ini dapat terus mencitrakan kopi Garut yang sudah sejak lama terkenal dan dikenal sebagai kopi dengan kwalitas unggulan,” Kata Andi saat berbincang dengan phrigarut.com,baru-baru ini.

Berbicara kualitas Kopi Garut, Kata Andri sudah sejak lama menjadi buah bibir dan perhatian para pecinta kopi meskipun dalam percaturan kopi Nasional, Kopi Garut gaungnya memang masih terbilang kurang.

“Kurang Gaung bukan karena kualitas kopi Garut yang kurang bagus melainkan alur distribusi dan promosi para penggiat kopi di Garut selama ini belum dilakukan secar massif meski cita rasa dan aroma kopi Garut wanginya telah menembus pasar mancanegara,”Ungkapnya sedikit memberikan analisa.

Menurut Andri salah satu jenis kopi Garut yang kini digandrungi adalah kopi luwak Garut. Berbahan dasar biji kopi arabika ranum nan segar yang dipanen di kaki gunung Papandayan, puluhan luwak yang juga  berhasil ditangkarkannya  telah mampu menghasilkan biji kopi luwak berkualitas eksport.

“Kami buka langsung ternak luwak ini, karena banyak permintaan dari mitra kami yang ingin tahu prosesnya,” Kata Andri

Bupati Garut saat berkunjung bersama rombongan menikmati kopi luwak di Kampung Kopi Luwak Garut, foto dok

Lokasi budidaya kopi luwak premium yang dimiliki Andri ditempatnya saat ini terbilang baru. Kondisi kandang yang terbilang bagus dengan rangka baja ringan serta penyekat ram besi untuk tiap ternak, menjadikan kandang ini sangat cocok budidaya luwak yang juga dapat dinikmati menjadi objek wisata edukasi bagi siapapun yang menggemarnya.

“Kebanyakan kan kandangnya pengap dan gelap, kalau di sini sebaliknya, sehingga pencahayaan dan perputaran udara buat luwak cukup terbuka,” ujar dia.

Kopi luwak yang dihasilkan di kandangnya tersebut bisa langsung dirasakan dan dinikmati di kedai Kopi yang sengaja dibukanya persis didepan lokasi Kandang penagkaran luwak yang selama ini dipeliharanya.

“Coba saja rasanya, Ini cita rasa yang khas dengan rasa pahit pekat plus campuran sedikit asam Kata .orang yang sudah merasakan malah menjadi ketagihan.”Tuturnya.

Andri juga menyebutkan ada beberapa kualitas kopi luwak yang diolahnya, “Rasa minum kopi itu tergantung selera dan faktor cuaca juga. Kalau untuk Garut khususnya di Cilawu yang berudara dingin makin terasa nikmatnya” Imbuhnya.

Andri menargetkan Kecammatan Cilawu Kabupaten Garut akan menjadi Kampung Luwak di Kabupaten Garut yang menghasilkan Kopi Luwak dengan kulaitas tinggi.

“harapan saya ini menjadi Kampungnya Luwak di Kabupaten Garut,”ucapnya.

Nah bagi anda yang penasaran butuh sentuhan kopi luwak yang hangat dan bercita rasa istimewa segera datang di Kedai Kopi Luwak Jalan Raya Garut Tasik di Kecamatan Cilawu Garut atau bisa menghubungi langsung pemiliknya Andri 085322742444

***JMB

 

Leave a reply